Kolam Air Soda Tarutung Dan Hanya Ada Dua Di Seluruh Penjuru Dunia

blogger templates
Related image
Kolan Air Soda Tarutung

Kolam Air Soda Tarutung ini lokasinya berada di Desa Parbubu I, Kabupaten Tapanuli Utara. Akses menuju ke tempat ini pun terbilang sangat mudah, hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari pusat kota Tarutung. Dengan begitu, para traveler yang ingin menengeok keunikan tempat ini pun bisa langsung menuju ke sana,tempat seperti ini hanya ada dua di seluruh penjuru dunia. Lokasi pertama di tempat ini sementara yang kedua berada di negara Venezuela, Amerika Selatan.

Kolam Air Soda Tarutung ini pertama kali ditemukan oleh Minar Sihite pada tahun 1973. Penemuan lokasi sumber air soda itupun dilakukan secara tidak sengaja. Pada saat itu Minar bekerja sebagai seorang bidan dan tengah pulang menuju ke kampung halamannya di Tarutung. Namun siapa sangka, di tengah perjalanan dia secara tak sengaja menemukan keberadaan pemandian air soda ini.
Minar pun mengaku kalau sumber mata air soda ini adalah penemuan yang sangat berharga bagi dirinya. Bahkan dia pun mengaku mendapatkan wasiat melalui mimpi untuk mengembangkan Kolam Air Soda Tarutung menjadi sebuah objek wisata. Dalam mimpinya itu, Minar pun diminta untuk mempersiapkan sebanyak tujuh pohul itak berbungkus daun pisang.
Sejak penemuannya itu, Minar pun mengaku kalau dia mengembangkan Kolam Air Soda Tarutung sehingga menjadi dikenal luas seperti sekarang dengan usaha sendiri. Bahkan pada tahun 1989, kolam yang berfungsi sebagai sebuah kolam pemandian ini sempat ditimpa bencana longsor. Dia pun mengaku memperbaiki kerusakan akibat longsor dengan biaya sendiri dengan tanpa bantuan dari pemerintah.

Sensasi berbeda di Kolam Air Soda Tarutung

Mandi di Kolam Air Soda Tarutung ini pun bakal berbeda jika dibandingkan dengan di pemandian umum biasa. Pada saat mandi di sini, airnya tidak akan terasa lengket di badan. Selain itu, air soda yang ada di tempat ini akan membuat mereka yang mandi di dalamnya terasa lebih ringan dan kulit akan lebih halus.
Tak hanya itu, bagi mereka yang mandi di dalam air soda ini, tubuh akan terlihat berbusa. Dan terdapat percikan air soda yang terkena mata, akan terasa sedikit perih. Kabarnya, air soda di sini mempunyai khasiat untuk kesehatan. Entah benar atau tidak, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat ini dan merasakan sensasi berbeda mandi di dalam kolam air soda Tarutung.

Berkhasiat untuk kesehatan

Mereka yang mandi ke tempat ini pun bisa merasakan sensasi tersendiri dan berbeda jika dibandingkan dengan lokasi pemandian biasa. Sesuai dengan namanya, Kolam Air Soda Tarutung ini merupakan kolam yang mempunyai sumber air berkarbonasi. Pada saat dikecap, sensasinya pun berbeda dengan air biasa, terasa sedikit lebih asin.
Dan Minar pun mengatakan kalau air soda yang berasal dari Kolam Air Soda Tarutung itu mempunyai khasiat untuk kesehatan. Para pengunjung yang datang ke tempat ini biasanya berniat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, mulai dari gatal-gatal, rematik serta sakit mata. Bahkan Minar sendiri mengatakan kalau air soda dari kolam ini dia minum secara berkala dan mencegah asam urat serta pengapuran tulang.

0 Response to "Kolam Air Soda Tarutung Dan Hanya Ada Dua Di Seluruh Penjuru Dunia"

Post a Comment