Ayo Ke Danau Toba Melalui Bandara Silangit

blogger templates
Related image
Danau Toba

Danau Toba sendiri merupakan sebuah danau seluas 1.145 kilometer persegi. Mengingat ukurannya, danau ini lebih menyerupai lautan sehingga dinobatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan kedua terbesar di dunia setelah Danau Victoria di Afrika.
Danau Toba terbentuk akibat aktivitas vulkanik, dimana sekitar 73.000 – 75.000 tahun yang lalu terjadi sebuah letusan super dahsyat dari Gunung Toba. Letusan itu memuntahkan 2.800 km kubik bahan vulkanik.
Letusannya terjadi selama satu minggu dan lontaran debunya yang mencapai 10 kilometer diatas permukaan laut. Hingga menyebabkan terjadinya perubahan cuaca di bumi dan membuat planet ini mengalami musim dingin selama 6 sampai 10 tahun.
Di tengah danau ini juga terdapat sebuah pulau yang luasnya sama dengan luas Negara Singapura, Pulau Samosir. Keindahan pulau Samosir juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba.

Akses ke Danau Toba

Kota Medan merupakan gerbang bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Danau Toba. Bandar Udara utama di Medan ialah Kualanamu Airport. Bandara ini setiap harinya melayani penerbangan dari semua kota besar di Indonesia ke Kota Medan, dan juga penerbangan Internasional seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.
Kamu juga bisa memilih opsi via bandar udara Silangit di Tapanuli, Sumatra Utara. Bandara ini melayani penerbangan via Jakarta dan juga Singapura. Keuntungannya, kamu bisa memotong waktu lebih banyak untuk sampai ke Danau Toba ketimbang melalui Medan.
Bandara silangit
Ada beberapa pilihan transportasi darat menuju Danau Toba, salah satunya menggunakan transportasi umum. Terminal Bus Pinang Baris merupakan terminal terbesar di Medan.  Menggunakan bus jurusan ke Parapat kamu hanya merogoh kocek sebesar Rp 40.000 sampai Rp 50.000.
Namun kamu juga bisa memilih menggunakan mobil travel, namun dengan harga tiket yang lebih mahal berkisar Rp 70.000 – Rp 80.000. Jika kamu berkunjung bersama rombongan, alternatif lainnya adalah menyewa mobil pribadi dengan tarif Rp 600.000 – Rp 700.000 per hari. Jarak antara Kota Medan dan Parapat ialah 176 km dan biasa ditempuh selama 6 jam.
Sedangkan untuk menuju Pulau Samosir kamu harus menggunakan kapal feri. Kapal ini biasa berangkat pada pagi hari. Harga tiket untuk satu kali perjalanan sebesar Rp 10.000.
Di Parapat ada banyak pilihan hotel dengan harga yang bervariasi mulai dari hotel, bungalow, villa, guesthouse, dan juga homestay. Sementara di  Samosir, hotel banyak terdapat di Tuk Tuk dimana kamu dapat menyesuaikan budgetnya.

0 Response to "Ayo Ke Danau Toba Melalui Bandara Silangit"

Post a Comment